Rabu, 30 Juni 2010

Pentingnya komunikasi

Blog ini
Di-link Dari Sini
Daftar Blog Saya
Pembelajaran
Web
Blog ini




Di-link Dari Sini




Daftar Blog Saya




Pembelajaran




Web





Senin, 28 Juni 2010
Pentingnya komunikasi
Pentingnya komunikasi dalam perkawinan tidak dapat diremehkan. Jika ada gangguan komunikasi antara pasangan maka kualitas perkawinan akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan karena salah satu pasangan bisa mengungkapkan perasaan dan pikiran mereka kepada yang lain. Jadi bagaimana kita dapat meningkatkan komunikasi dalam rangka untuk membuat perkawinan kita lebih baik? Berikut adalah beberapa cara dimana Anda dapat menjadi komunikator yang baik di dalam perkawinan dan keluarga.

Berpikirlah sebelum Anda berbicara.
Sangatlah mudah bagi kita melontarkan kata-kata negatif untuk merespon suatu peristiwa yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Sering kata-kata atau respon itu terjadi diluar keinginan kita. Hal ini dapat menimbulkan efek yang merugikan pada hubungan perkawinan atau keluarga. Jadi untuk mencegah hal ini terjadi kita harus berpikir sebelum berbicara, terutama jika kita berada dalam situasi konflik. Jika kita merasa diri kita marah, sebaiknya kita memberitahu pasangan kita bahwa saya tidak akan membicarakan hal ini sekarang. Beritahu pasangan kita bahwa saya perlu 5 menit untuk berpikir tentang apa yang telah dikatakan, kemudian mengambil napas dalam-dalam dan kemudian mengutarakannya.

Penyelesaian konflik ketika berkomunikasi dalam suatu perkawinan itu benar-benar penting, dan yang lebih penting bagaimana cara mengatasinya! Ketika terjadi suatu situasi yang terbaik adalah duduk bersama pasangan Anda dan membahas masalah tersebut. Cari tahu sikap apa yang mereka ambil pada situasi itu, dan mencoba memahami apa yang mereka katakan dan mengapa mereka merasa seperti itu. Langkah berikutnya untuk menyelesaikan masalah adalah untuk mencoba mencari jalan tengah di mana Anda berdua dapat solusi kompromi sampai tercapai. Setelah Anda dapat belajar untuk kompromi, maka Anda akan dapat menangani situasi konflik apapun dengan cara ini.

Kemampuan penting lainnya yang dapat kita gunakan untuk membuat pernikahan kami lebih baik adalah belajar untuk mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik adalah bagian dari komunikasi dalam perkawinan. Dengan mendengarkan, itu tidak berarti hanya mendengar apa yang dikatakan orang lain, itu berarti mengambil apa yang mereka katakan, memahami mengapa mereka merasakan itu dan berempati dengan mereka jika diperlukan. Sering kali orang lain mungkin tidak ingin kita berkomentar, tapi dengan hanya mendengarkan, dan bertindak sebagai pendengar, mereka dapat merasa bahwa kita telah mengambil masalah yang mereka panggul di bahu mereka.
Mengekspresikan perasaan dan pikiran kadang-kadang dalam perkawinan itu sangat sulit, juga untuk mengetahui bagaimana perasaan pasangan Anda setiap saat. Kita tahu apakah mereka bahagia atau sedih, bahasa tubuh umumnya memberikan arti, tetapi sangat sulit untuk mendeteksi masalah yang lebih mendasar. Jadi, jika kita mampu duduk bersama pasangan kita dan mengekspresikan perasaan kita, dan memahami mengapa dia merasa seperti itu, maka pasangan kita seperti memberikan kesempatan kepada kita untuk meletakkan hal-hal yang benar, terutama jika kesalahan terletak pada mereka. Hal ini tidak dapat diremehkan, karena jika kita tidak dapat melakukan ini, maka masalah akan meningkat menjadi lebih buruk.

Semua langkah-langkah di atas adalah cara bagaimana kita dapat mulai untuk memperbaiki komunikasi dalam perkawinan. Dengan menggunakan metode ini, kita dapat membangun dasar yang kuat dalam hubungan pernikahan yang lebih berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar